Buka Pintu Surga dengan Infaq, Menelusuri Keutamaan Infaq dalam Al-Qur'an dan Hadits

 

Foto : ilustrasi 

LPM GAZEBO, Sangatta -Infaq, sebagai bentuk amal jariyah dan kebaikan sosial, memiliki keutamaan yang tinggi dalam Islam. Tindakan memberikan sebagian harta untuk kepentingan umum bukan hanya dianjurkan, tetapi juga diberkahi oleh Allah. Berikut beberapa keutamaan infaq yang dapat menginspirasi umat Muslim untuk lebih aktif dalam berbagi rezeki diantara nya,

1.Ketaatan Kepada Allah

Infaq merupakan bentuk ketaatan kepada Allah. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Dan orang-orang yang memberikan harta mereka dengan malam dan siang hari, secara tersembunyi dan terang-terangan, mereka mendapat upah di sisi Tuhan mereka dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS Al-Baqarah 2:274). Dengan memberikan infaq, seseorang menunjukkan ketaatan, pengabdian, dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

2. Menyucikan Jiwa dan Harta

Kebersihan jiwa dan harta menjadi tujuan utama dalam berinfaq. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Dan orang-orang yang memberikan harta mereka dengan malam dan siang hari, secara tersembunyi dan terang-terangan, mereka mendapat upah di sisi Tuhan mereka dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS Al-Baqarah 2:274). Dengan memberikan infaq, seseorang dapat menyucikan jiwa dan harta agar menjadi penentram batin mereka.

3. Mendapatkan Kemudahan Dalam Mencari Rezeki

Banyak yang beranggapan bahwa infaq dan sedekah dapat membuat harta semakin berkurang, padahal rezeki akan datang dengan sendirinya jika kita dengan ikhlas memberi sebagian harta yang kita miliki kepada sesama. Hal ini membuktikan bahwa melakukan infaq sedekah tidak akan membuat kita miskin melainkan membuat kita memperoleh pahala.

4. Mendapatkan Kemuliaan Serta Kelimpahan Rezeki

Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan kelimpahan rezeki serta kemuliaan kepada orang-orang yang selalu menyantuni anak. Pahala tersebut memang bisa didapatkan dengan melakukan zikir pembuka rezeki namun dengan melakukan sedekah kepada anak.


5. Dapat Memperkuat Keimanan

Ibadah infaq dan sedekah dapat memperkuat keimanan. Dalam hadits riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ad Darimi, Rasulullah SAW bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan untuk kalian apa yang bisa kalian sedekahkan? Setiap (pembacaan) tasbih dan tahmid nilainya seperti sedekah, dan pada istrimu juga terdapat amal sedekah." Beliau SAW juga menjelaskan bahwa sedekah dapat memadamkan panasnya kubur serta memudahkan kita untuk meraih rahmat Allah.

6.Dapat Memudahkan Kita untuk Meraih Rahmat Allah

Keutamaan infaq yang pertama adalah Allah akan memberikan rahmat kepada orang-orang yang selalu melakukan infaq dan sedekah. Ternyata hal ini sudah dijelaskan pada Quran surat al-a’raf ayat 56 di mana sedekah tersebut akan menjadi naungan orang yang.

7. Dapat Memudahkan Kita untuk Mencari Rezeki

Infaq dan sedekah dapat memudahkan kita untuk mencari rezeki. Dalam hadits riwayat at Thabrani dan Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, "Seseorang masuk surga, lalu dia melihat tulisan di atas pintu surga 'Satu sedekah dibalas sepuluh kali lipat, dan pinjaman dibalas 18 kali lipat.".

8. Dapat Memperkuat Ketaatan

Infaq dan sedekah dapat memperkuat ketaatan. Dalam hadits riwayat Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Al Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, "Iman kepada Allah dan jihad di jalan-Nya." Beliau juga menjelaskan bahwa bantulah orang yang kehilangan dan berbuat baiklah kepada orang yang bodoh, serta doakan manusia supaya terhindar dari keburukan, maka itu termasuk sedekah yang kamu sedekahkan untuk dirimu.


Dengan demikian, infaq dan sedekah memiliki keutamaan yang sangat tinggi dalam Islam. Dengan memberikan sebagian harta untuk kepentingan umum, seseorang dapat menunjukkan ketaatan, pengabdian, dan kecintaan kepada Allah, serta memperoleh pahala dan rahmat-Nya.



Penulis : ZULKIFLI

Editor: anggun 

Posting Komentar

0 Komentar