Andi Salsa Dea Maharani Juara Pemilihan Duta Budaya Kutai Timur 2024

Penyerahan hadiah langsung kepada Andi Salsa Dea Maharani  juara terpilih Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Kutai Timur Tahun 2024.

LPM GAZEBO, Sangatta - Semarak budaya kembali mewarnai Kabupaten Kutai Timur dengan gelaran Pemilihan Kanda dan Dinda Duta Budaya tahun 2024. Di antara deretan peserta yang tampil memukau, seorang mahasiswi STAI Sangatta berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Juara II.

Berlangsung di Hotel Victoria pada tanggal 21-22 Juni 2024, acara ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat dan pengetahuannya tentang budaya Kutai Timur.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur bertindak selaku penyelenggara, dengan antusiasme tinggi dari 14 peserta yang mewakili berbagai SMA sederajat dan Sekolah Tinggi di Kutai Timur. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 9 peserta terpilih untuk melaju ke babak final

Andi Salsa Dea Maharani, mahasiswi semester 6 Prodi Akhwalul Syaksiyyah STAI Sangatta, membawa harum nama almamater dengan meraih prestasi gemilang dalam Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Kutai Timur Tahun 2024. Kemampuannya yang mumpuni dan pemahaman mendalam tentang budaya Kutai Timur mengantarkannya menjadi Wakil Kanda Duta Budaya Kutai Timur.

Keberhasilan Andi Salsa Dea Maharani menjadi bukti nyata bahwa STAI Sangatta tidak hanya fokus dalam pendidikan agama, tetapi juga mendorong mahasiswanya untuk aktif dalam pelestarian budaya.

“Pemilihan Kanda dan Dinda Duta Budaya Kutai Timur bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebuah upaya nyata dalam memajukan kebudayaan daerah. Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah, diharapkan Kutim akan semakin dikenal sebagai “Magic Land” yang kaya akan budaya dan tradisi” ungkap Mahasiswi STAI Sangatta yang Sering di sapa Caca tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur Mulyono turut hadir dan menyambut antusias pelaksanaan Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Tahun 2024. Beliau mengapresiasi semangat para pemuda dan pemudi Kutai Timur dalam menunjukkan kemampuan dan pengetahuannya tentang budaya lokal.“anak anak kalian adalah garda terdepan dalam memperkenalkan,menjaga dan melestarikan serta mempromosikan keanekaragaman budaya di kutai timur. karena tidak semua sanggup dengan hal itu maka dari itu kalian berdiri disini adalah pemuda pemuda yang terpilih untuk mengenalkan magicland kutai timur ( negeri ajaib kutai timur ).” sambut nya

Duta Budaya bagaikan lentera yang menerangi jalan, memandu masyarakat untuk mengenal dan mencintai kekayaan budaya bangsa. Mereka adalah sosok inspiratif yang berdiri di garis depan, tak kenal lelah dalam memahami, memperkenalkan, dan menjadikan budaya sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan seni budaya dan pariwisata di daerahnya.

Duta Budaya adalah pahlawan budaya yang patut kita hargai dan dukung. Semangat dan kegigihan mereka dalam melestarikan budaya lokal menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus menjaga dan menghidupkan kekayaan budaya bangsa.

Kisah inspiratifnya diharapkan dapat memotivasi generasi muda lainnya untuk terus berkarya dan melestarikan budaya bangsa,agar budaya Indonesia dapat terus lestari dan dikenal oleh dunia.

Penulis : Dil.s

Editor : Anggun 

Posting Komentar

0 Komentar