140 Mahasiswa STAI Sangatta ikuti Santiaji KKL di dua kecamatan Rantau Pulung dan Teluk Pandan

 

Mengawali kegiatan dengan Foto bersama 

LPM Gazebo, Sangatta - 140 Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Sangatta jurusan Syariah dan Tarbiyah mengikuti santiaji atau pembekalan sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) yang kali ini akan ditempatkan di dua kecamatan yaitu kecamatan Teluk Pandan dan kecamatan Rantau Pulung.

Mengangkat tema "Belajar dari Desa Sinergitas Membangun Desa Berkelanjutan" .Kegiatan dibuka langsung oleh ketua STAI Sangatta Satria bertempat  di Masjid kampus STAI Sangatta ,kamis ( 7/12/2023).

"Berbicara  tentang kegiatan kemasyarakatan tentunya banyak pihak dan bekal yang harus di persiapkan,karena masyarakat secara umum berasumsi bahwa mahasiswa siap mengemban amanat apapun yg di inginkn oleh masyarakat "ujar satria.

Santiaji atau Pembekalan KKL adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta KKL tentang berbagai hal yang dianggap penting agar pelaksanaan KKL para mahasiswa tidak merasa bingung dengan program apa yg harus dilaksanakan.

Kegiatan dibuka oleh ketua STAIS 


"Setiap kelompok akan didampingi oleh dua dosen pendamping "tegas satria

Menurut kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Muchtar,  Ada 15 desa yang akan di isi oleh peserta KKL, diantaranya Kecamatan Rantau Pulung ada  9 desa, kecamatan Teluk Pandan ada 6 desa ,dan ada 140 mahasiswa yg sudah daftar dari 177 mahasiswa yang ikut kegiatan KKL tahun 2023 dan mungkin masih bisa bertambah.

"Ada pesan-pesan yg harus di jaga oleh peserta KKL,jaga etika ,jaga semangat ,jaga penampilan dan sebagainya ,santiaji ini sebagai syarat Pembekalan KKL penilaian nya melalui absen kehadiran,KKL kali ini melakukan pendekatan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ,kalau sebelumnya itu mahasiswa melakukan program kepada masyarakat tapi kali ini mahasiswa bersama masyarakat membuat program,jadi program ini bukan apa yg kita rencanakan tapi apa yg direncanakan masyarakat yg kemudian akan dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat ".

"Pendekatan KKL ini adalah bagaimana sebisa mungkin menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat bukan kekurangan yang ada di masyarakat" lanjut Muchtar

Partisipasi mahasiswa,dosen dan pihak masyarakat saling terintegrasi.

Diharapkan peserta KKL dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.

Penulis dan reporter :Anggun

Posting Komentar

0 Komentar