Melatih Mahasiswa STAIS dalam Kepenulisan yang Tertib dengan Menggunakan Mendeley dan Turnitin


Proses Pembukaan Pelatihan Penggunaan Mendeley Turnitin

LPM GAZEBO, Sangatta - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta khususnya Jurusan Syariah mengadakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dan Turnitin. Kamis, 9 November  2023 (10.00 WITA).

Kegiatan diselenggarakan di Gedung syariah lantai II serta dihadiri langsung oleh ketua STAIS, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua prodi Ahwal As-Syakhsiyyah, Ekonomi Syariah, para mahasiswa berpartisipasi dalam pelatihan, dan dosen STAIS. 

Kegiatan dimulai dengan pidato singkat  dari Ketua Jurusan Achmad Fachruddin M.S.I, dilanjut kegiatan di buka langsung  oleh Ketua STAI Sangatta Dr. Satriah M.Pd dengan mengucap basmalah.

"Pembuatan skripsi adalah pekerjaan mahasiswa yang cukup menyita tenaga pikiran dan uang, untuk berjuang untuk kemajuan STAIS." Ungkapnya. 

Pelatihan penggunaan Aplikasi Mendeley dan Turnitin ini diselenggarakan selama dua  hari, dari tanggal 9 - 10 November 2023 dari pukul 09.00 - selesai.

Mendeley dan Turnitin adalah salah satu aplikasi wajib untuk para mahasiswa, terlebih bagi mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi, dan tesis untuk mahasiswa semester akhir. 

Mendeley adalah aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi, penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation. Aplikasi ini juga  dapat membantu mahasiswa supaya tidak kesulitan dalam membuat sitasi. 

Sedangkan Turnitin adalah alat perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendeteksi plagiarisme dalam tulisan dan karya akademik. Batas minimal plagiarisme yang digunakan  STAI Sangatta adalah 50 persen. Dengan menggunakan algoritma canggih, Turnitin adalah alat yang mampu membandingkan teks yang diunggah oleh pengguna dengan jutaan dokumen, artikel, dan sumber lainnya yang ada.

Karena ini lebih mengarah pada tugas akhir, maka selain memahami kontennya, mahasiswa juga diharapkan tau cara mensitasi dan memunculkan daftar pustakanya karena jika dilakukan secara manual nantinya tidak akan efektif dan efisien. Oleh karena itu mahasiswa harus dikenalkan dengan Aplikasi Mendeley dan Turnitin. Aplikasi Mendeley tidak berbayar sehingga semua mahasiswa bisa mengaksesnya berbeda dengan Turnitin yang berbayar namun sudah disediakan oleh civitas akademi.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Firdaus selaku pemateri juga menjelaskan dengan sangat baik bahkan banyak tips & trik yang diberikan seperti tentang pemanfaatan aplikasi mendeley dan Turnitin mulai dari bagaimana cara menginstall, cara plug-in ke Microsoft Word, melakukan manajemen referensi, cara melakukan sitasi dan juga cara memunculkan daftar pustaka. 

Besar harapan jika kedepannya mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam  skripi.

Reporter : Anggun

Penulis   : Anggun

Editor     : Syukur


Posting Komentar

0 Komentar