Kolaborasi BEM dan HMJ STAI Sangatta, Memperingati Harlah Pancasila ke-78 Dimulai dengan Pemotongan Tumpeng

 

LPM GAZEBO - Peringatan Hari Ulang Tahun Pancasila ke-78 dengan pembukaan kegiatan yang bertema "Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Kutai Timur." Kegiatan tersebut selain memperingati harlah pancasila, BEM dan HMJ juga mengadakan Diskusi Senja dan Panggung Ekspresi yang mana diadakan 1 Juni 2023 pukul 16.00 WITA di bundaran Kampus STAIS. 

Dihadiri oleh Kasat Binmas Polri, DPK KNPI, Puket 3, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, UKM STAIS, dan mahasiswa. Pemotongan tumpeng dari Puket 3 STAIS dengan harapan kedepannya terus lebih baik dan terus menjalin kebersamaan kepada mahasiswa dan pastinya dari ketua-ketua yang ada di STAI Sangatta. 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia kegiatan harlah pancasila ke-78. "Kegiatan ini untuk memperingati hari lahir pancasila karena mahasiswa harus mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam segi gerakan maupun pemikiran, adapun rangkaian kegiatan Dialog Senja dan Panggung Ekspresi," ujar Husnaeni.

Acara tersebut juga diisi dengan diskusi senja yang melibatkan Kasat Binmas Polres, Ketua DPK KNPI Kutai Timur, dan tokoh akademisi STAIS. Mereka berbagi pengalaman serta ide-ide untuk memperkuat peran mahasiswa khususnya mahasiswa STAIS Sangatta dalam menjaga persatuan dan memajukan bangsa.

"Pada harlah pancasila 1 Juni 1945, saya harapkan kegiatan dialog sepeti ini sering dilakukan di kehidupan mahasiswa di dalam kampus. Kegiatan yang perlu untuk mahasiswa di zaman sekarang, apalagi banyak mahasiswa yang belum sadar, adanya kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran tentang nilai-nilai pancasila dalam diri mahasiswa." Tutur Zainal Ketua HMJ Syariah. 

Pembukaan yang meriah ini, BEM dan HMJ turut berpartisipasi dalam kegiatan harlah pancasila ke-78 guna untuk meningkatkan kualitas pemahaman tentang pancasila. Dalam kegiatan harlah pancasila, BEM dan HMJ juga  mengadakan panggung ekspresi berupa, penampilan akustik, puisi, dan beberapa penampilan lainnya. Selain itu mengajak mahasiswa untuk bagaimana kedepannya mengembangkan implementasi nilai-nilai pancasila. 

Ketua HMJ Tarbiyah, Gilang, menegaskan. "Moment yang spesial ini merupakan hari lahir pancasila, lantaran pelajar, mahasiswa, bahkan dari pemerintah, dan semua lapisan masyarakat yang bisa memaknai mengamalkan nilai-nilai pancasila, kita bisa hitung jari, ayo bersama-sama kita maknai, bersama-sama kita amalkan."

Dalam ungkapan ketua HMJ Tarbiyah mengajak untuk terus semangat dan dedikasi mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita Pancasila. Mereka menjadi harapan bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan berkeadilan.

"Pada momentum harlah pancasila kita bersama-sama refleksikan kembali, diskusikan kembali, mengingat kembali bagaimana sejarah pancasila itu dibentuk. Adapun harapan daripada diskusi ini, kita refleksi hari ulang tahun pancasila ini yang kemudian kita bersama-sama aktualisasikan, bersama-sama aksikan dalam kehidupan kita." Ujar Mahrus Presiden BEM STAIS. 

Mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut terinspirasi dan termotivasi untuk terus berkontribusi dalam memajukan bangsa. Bagaimana berkomitmen untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.

Selaku pembuka kegiatan Ketua Puket 3, Zanuar, mengungkapkan. "Namun harapan kami, hal ini tidak mengurangi semangat kita, mudah-mudahan kita tetap menjadi pecinta pancasila. Kita wajib menjaga, kita dari unsur pemerintahan, akademisi, maupun sebagai bangsa besar Indonesia, wajib menjaga keutuhan bangsa ini, wajib mempertahankan pancasila. Untuk mempertahankan pancasila ini, dan tentunya lebih mengamalkan dengan semaksimal mungkin."

Dengan semangat yang membara dan peran aktif mahasisws, diharapkan bahwa nilai-nilai Pancasila akan terus hidup dan menjadi landasan kuat dalam membangun Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.

Peringatan Hari Ulang Tahun Pancasila tahun ini telah dimulai dengan pembukaan yang mengesankan, menunjukkan betapa pentingnya peran mahasiswa Kutai Timur dalam menjaga dan meneruskan warisan amalan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan bahwa semangat tersebut akan terus berkobar dan menginspirasi generasi mendatang untuk menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam menjalani kehidupan sebagai bangsa yang maju dan beradab.

Posting Komentar

0 Komentar