Berita Terkini: Tim Asesor BAN-PT Meninjau Akreditasi Program Studi PGMI STAI Sangatta Secara Daring

 

Tim Asesor BAN-PT meninjau akreditasi PGMI STAI Sangatta Secara Daring

Sangatta - Hari ini, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta melalui daring guna meninjau akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pelaksanaan kegiatan akreditasi ini dilaksanakan 2 hari mulai tanggal 12-13 pukul 09.00-18.00 WITA 2023 yang terselenggarakan di ruang rapat STAI Sangatta. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas dan standar pendidikan yang dijalankan oleh prodi PGMI STAI Sangatta.

Pada kunjungan ini, Tim Assesor BAN-PT yang terdiri dari beberapa pakar pendidikan dan akademisi di bidang PGMI melakukan serangkaian kegiatan penilaian, termasuk mengadakan pertemuan dengan pimpinan STAI Sangatta, Dosen, Masyarakat, Alumni PGMI, dan tentunya Mahasiswa PGMI. Baik terhadap fasilitas dan infrastruktur yang digunakan oleh prodi PGMI serta menelaah dokumen-dokumen terkait akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Miftakhul Ketua Jurusan Tarbiyah mengatakan, "Karena perdana akreditasi PGMI diadakan ini mendapatkan sertifikat keabsahan, dan kredibilitasan bahwa ijazah PGMI itu sudah diakui di tingkat nasional dengan assessment dari BAN-PT diadakannya aktivasi."

Prodi PGMI di STAI Sangatta telah lama berkomitmen untuk menghasilkan para guru madrasah yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan di daerah Kutai Timur tentunya. Dengan mengikuti proses akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT, prodi PGMI STAI Sangatta berupaya meningkatkan kualitas pendidikan serta menjaga relevansi kurikulum dengan tuntutan zaman.

Proses akreditasi ini merupakan upaya yang penting bagi prodi PGMI STAI Sangatta untuk terus meningkatkan mutu dan daya saingnya. Hasil evaluasi akreditasi BAN-PT nantinya akan menjadi acuan bagi STAI Sangatta dalam melakukan perbaikan dan peningkatan di berbagai aspek pendidikan guna menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

"Harus terus ditingkatkan untuk kualitas dari program studi kemudian perbanyak lagi dari kerja samanya kemudian dari penelitian baik dosen maupun mahasiswa, kemudian publikasi harus karena terbukanya prodi PGMI dari 2015. Harapan assesor jika sudah akreditasi kalau bisa 5 tahun kedepan, jika akreditasi harus sudah ada yang bergelar Doktor. " Kata Anjani sebagai Ketua Prodi PGMI.

Diharapkan, dengan mendapatkan akreditasi yang baik, prodi PGMI STAI Sangatta dapat lebih diakui dan diapresiasi oleh stakeholder terkait. Hal ini akan membantu mahasiswa PGMI mendapatkan keunggulan dalam persaingan kerja dan memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengembangan pendidikan.


Posting Komentar

0 Komentar