Tak Hanya Jurusan Tarbiyah, Jurusan Syariah Juga Menggelar Ujian Secara Langsung

 

Suasana Ujian Munaqosah Syari'ah

STAISangatta,-Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta menggelar ujian ¬Munaqosah (Ujian Skripsi) secara langsung di Gedung Syariah (28-29/08/2021). 

Ketua panitia ujian menyebutkan bahwa ujian ini diikuti sekitar 76 mahasiswa/i Jurusan Syariah yang terdiri dari dua program studi yaitu Ekonomi Syariah dan Akhwalus Syakhsiyah yang terbagi menjadi tiga ruang ujian untuk mempermudah dalam pelaksanaan ujian tersebut. Dosen yang menjadi penguji pun tidak hanya dari STAI Sangatta, melainkan juga dari Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda “Waktu munaqosah berlangsung selama dua hari dengan jumlah peserta ujian yaitu 76 mahasiswa. Penguji ujian munaqosah berasal dari para dosen yang memenuhi persyaratan menguji munaqosah , dari STAIS dan UIN Samarinda”, terang Zanuar. 

Sehubungan dengan dilaksanakannya ujian munaqosah, Masdi memaparkan persiapannya sebelum mengikuti ujian ini, salah satunya meminta doa orang tua agar diberi kelancaran selama ujian berlangsung. “Persiapan saya yang pertama itu meminta doa dan restu kedua orang tua semoga ujian kali ini diberi kelacaran. Yang kedua, saya terus selalu optimis dan semangat untuk mengikuti ujian ini karena ini merupakan sejarah baru di kehidupan saya untuk melanjutkan Perguruan Tinggi”. Jelasnya 

Selain perasaan tegang dan gelisah selama proses ujian, ia pun juga merasa lega setelah mengikuti ujian ini yang menjadi moment yang sulit untuk dilupakan. “Disaat teman-teman sudah melaksanakan ujian, sedangkan saya belum, itu merasa gelisah karena ketegangan – ketegangan melihat teman-teman yang sedang menjawab pertanyaan dari dosen penguji. Ketika melihat teman yang berada di dalam ruangan itu bisa membuat down. Setelah ujian, alhamdulillah, seolah-olah beban selama ini yang dipikirkan mulai dari penyusunan skripsi sampai sidang sudah berkurang” tambah ketua HMJ Syariah demisioner tersebut.(LPM)

Posting Komentar

0 Komentar