Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi.

 

Webinar KKL

STAISKutim,- Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, banyak kegiatan yang dilakukan secara online. Begitupun yang dilakukan kelompok tiga Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Kelompok ini mengadakan seminar online yang biasa disebut dengan webinar. Seminar ini mengangkat tema “Menyoal Terkait Efektifitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19” yang didalamnya membahas mengenai keefektifan pembelajaran dalam jaringan (Daring) yang dijalankan selama pandemi ini. “Tema Webinar ini menyoal tentang Efektifitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Karena kita ketahui, Corona-kan udah mencapai satu tahun, jadi kita mau mengetahui apa saja sih problematika yang terjadi selama pembelajaran daring ini. Dan yang dibahas tadi tentang efektifitas pembelajaran daring diberbagai perspektif, seperti guru, orang tua, murid, juga membahas tentang tantangan serta harapan-harapan selama pembelajaran daring.”, Jelas Arsyad selaku ketua kelompok. 

Webinar ini diikuti lebih dari seratus orang yang yang berasal dari seluruh Indonesia baik dari kalangan akademisi maupun non akademisi. Adapun yang menjadi pemateri yaitu Sekretaris Dinas Pendidikan Kutai Timur, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Pembantu Ketua III STAI Sangatta. Dan untuk mengefektifkan webinar, kelompok tiga ini selain memanfaatkan media berupa zoom, mereka juga melakukan siaran langsung dari akun FaceBook dikarenakan kuota peserta yang bisa bergabung dalam zoom sangat terbatas. “Pesertanya alhamdulillah dari sabang sampai Merauke, ada lebih dari seratus orang. Karena kapasitas di zoom itu seratus orang, jadi kami berinisiatif untuk melakukan siaran langsung di FaceBook. Pesertanya dari kalangan masyarakat, kemudian para dosen, para guru bahkan orang-orang tua juga, mahasiswa banyak yang ikut. Yang jadi pematerinya yaitu Bapak Suyatno, beliau Sekretaris Dinas Pendidikan Kutai Timur. Kemudian ada Papak Khusnul Wardan, beliau ketua jurusan Tarbiyah, ada juga Bapak Aburrahim Yunus selaku pembantu ketua III.”, tambahnya. 

Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan secara online pasti ada saja kendala dan permasalahan yang temui, seperti jaringan yang tidak stabil dan kendala lainnya. Meskipun persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari, namun itu tidak dapat menjadi jaminan bahwa kegiatan dapat terlaksana tanpa kendala. “Persiapan kami mulai dari pertama kali dilaksanakan KKL, memang sudah dirancang program-program yang kami kerjakan. Alhamdulillah Webinar Pendidikan kita berjalan dengan lancar. Tadi di awal-awal jaringan bagus, tidak ada kendala apa-apa. Nah pas di sesi tanya jawab, hingga akhir di penghujung acara itu, ada sedikit kendala jaringan. Alhamdulillah peserta sangat berantusias dan sangat luar biasa dan banyak yang mengajukan pertanyaan. Tapi karena terkendala jaringan tadi, jadi kami kondisikan melalui grup WhattsApp. Jadi pertanyaan dan jawaban bisa di kirim disana”, pungkasnya.Rz 

Posting Komentar

0 Komentar