Studium General STAIS Bahas Era Society 5.0

 

Stadium General STAIS

STAISangatta, Lembaga Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta sukses menggelar Stadium General Online bertajuk “Kampus Merdeka dan Transformasi Perguruan Tinggi Dalam Menyongsong Era Society 5.0”, Selasa (10/11). 

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Studium general tersebut dalam rangka merespon perkembangan zaman ynag semakin terdigitalisasi dan wacana Kampus Merdeka yang digagas oleh pemerintah pusat. 

“Jadi, 5.0 ini menandakan bahwa pelayanan (service) sebagai hal yang paling utama. Maka sekarang eranya dalam masyarakat 5.0 ini era digital, semuanya selalu bergantung dengan digital dengan demikian kita sebagai manusia bagian dari pada kehidupan harus mengambil sisi positif dalam perkembangan digital,” tutur Ketua STAI Sangatta, Taufik Hidayat ketika mengisi sambutan tersebut. 

Ia juga mengharapkan para mahasiswa yang hadir dari berbagai prodi yang ada dalam STAI sangatta untuk bisa mengikuti dan menyesuaikan diri pada perkembangan era digital ini sehingga dapat menjadi para pendidik serta ekonom yang paham akan digital. 

Pada webinar stadium general ini, Lembaga Kampus STAI Sangatta menghadirkan narasumber Mukhamad Ilyasin selaku Rektor IAIN Samarinda Kaltim dan Mujiburrahman selaku Rektor UIN Banjarmasin Kalsel sekaligus Kepala KOPERTAIS Wilayah XI Kalimantan. 

Mujiburrahman memaparkan tentang disrupsi yang terjadi sekarang yang dimana beralihnya kita ke digital yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Menurutnya ada beberapa point yang perlu dipahami salah satunya “kita harus memahami apa manfaat dari internet ini sehingga kita tidak hanya asal menggunakannya.” Ujarnya dalam webinar tersebut. 

Selain itu juga Mukhamad Ilyasin sebagai narasumber selanjutnya yang memaparkan materi tentang kampus merdeka ini menyampaikan perlunya digaris bawahi tentang cognitive computing dalam peruruan tinggi sekarang ini. 

Mujiburrahman juga menambahkan, untuk adanya up skilling yaitu penambahan atau peningkatan serta re skilling yaitu belajar tentang skill yang baru sehingga kita bisa terus mengikuti perkembangan zaman.(Fzh) 

Posting Komentar

0 Komentar