Sambut Mahasiswa Baru, Panitia PROSPEK XIII Dibentuk



STAIS,- Sebagai agenda wajib dalam menyambut kehadiran calon mahasiswa baru, berbagai  Perguruan Tinggi mulai sibuk mempersiapkan agenda orientasi pengenalan kampus. Demikian halnya dengan STAIS yang baru saja mengumumkan hasil tes penerimaan mahasiswa barunya. BEM STAIS telah memulai persiapan dengan membentuk kepanitiaan Program Orientasi Studi dan  Pengenalan Kampus (PROSPEK) ke-XIII. Pembentukan kepanitiaan telah dilaksanakan di Sekretariat BEM STAI Sangatta pada hari  Kamis (4/7/2019).

Sebagaimana tahun sebelumnya, kepanitiaan PROSPEK terdiri dari berbagai unsur, yakni Akademik, Presiden BEM dan MPM sebagai Steering Commite dan organisasi kemahasiswaan sebagai Organizing Commite  diantaranya pengurus BEM, HMJ dan UKM. Panitia menjelaskan, setidaknya ada 50 orang yang tergabung dalam kepanitiaan PROSPEK tahun ini. “terdapat sekitar 50 orang yang terdiri dari seluruh  pengurus BEM, HMJ syariah 7 orang, HMJ Tarbiyah ada 7 orang dan 4 orang dari UKM masing-masing 1 orang per UKM”, terang Gustian selaku Ketua Panitia terpilih.

Terkait dengan teknis pelaksanaan, sejauh ini panitia masih dalam tahap persiapan dan memerlukan waktu yang cukup untuk melangsungkan beberapa kali rapat demi memaksimalkan kegiatan nantinya.“Untuk teknis pelaksanaan ini masih dalam tahap persiapan, umumnya rapat kepanitiaan ada 4 tahap. Pertama pembentukan, kedua dan ketiga persiapan, terakhir pemantapan. Karena prospek ini acara besar panitia butuh waktu supaya kerjanya lebih maksimal” ujarnya lebih lanjut.

Berkenaan dengan waktu pelaksanaan, penitia juga belum bisa memastikan karena harus menyesuaikan dengan kalender akademik. “Sampai sekarang kami dari panitia belum menentukan tanggal pelaksanaan, karena dari kelembagaan sendiri belum ada pemberitahuan mengenai hal ini. Untuk teknik pelaksanaan itu ada tehnikal meeting, Pra-PROSPEK dan sampai PROSPEK-nya”, tambah Gustian yang juga Mentri Sosgam BEM tersebut.

Jumlah peserta PROSPEK tahun ini diprediksi tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, dimana setidaknya ada 198 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus pada tahun ini Namun, dari keseluruhan jumlah tersebut, belum bisa dipastikan semua calon mahasiswa mengikuti PROSPEK.“Yang mendaftar di kampus belum bisa dikatakan semua mengikuti PROSPEK, karena tidak ada ketegasan dari lembaga kalo wajib mengikuti (tahun ini juga)”, ungkap Presiden BEM STAIS, Muhammad Aldair Ananda.

Dalam kesempatan berbeda, Abdurrahim Yunus, selaku Pembantu Ketua III STAIS menyatakan bahwa peserta  yang akan mengikuti PROSPEK yaitu calon mahasiswa yang lulus pendaftaran gelombang pertama, sedangkan calon mahasiswa yang mendaftar gelombang kedua akan mengikuti di tahun berikutnya.“Calon mahasiswa STAI Sangatta yang lulus tes sekitar 200 orang. Untuk tahun ini yang ikut prospek itu gelombang I saja, gelombang kedua PROSPEK nya tahun depan.” jelas Abdurrahim Yunus kepada LPM Gazebo.
PUKET III berharap panitia dapat menjalankan amanah dengan baik dan bertanggung jawab, serta membangun komunikasi yang baik dengan pihak lembaga demi menghindari hal yang tak diinginkan.“ BEM sudah membentuk kepanitiaan untuk PROSPEK. Harapannya, BEM terus koordinasi dengan lembaga terkait pelaksaan. Dan panitia tinggal menunggu hasil keputusan  dari lembaga terkaitr tanggal pelaksanaan”, pungkasnya.(Alf/LPM)

Posting Komentar

0 Komentar