Hasil Tes PMB Diumumkan, 198 Orang Dinyatakan Lulus




STAIS,-Setelah sempat tertunda 4 hari hasil tes penerimaan calon mahasiswa baru STAI Sangatta tahun 2019-2020 akhirnya diumumkan. Pengumuman tersebut resmi dirilis di website akademik dan di depan rektorat pada senin (15/072019).

Pengumuman yang ditempel tersebut memancing peserta untuk berbondong-bondong memastikan namanya lulus atau tidak. Dalam pengumuman itu tercatat sebanyak 198 peserta yang lulus, 13 peserta tidak lulus, dan 33 peserta lulus bersyarat. Peserta lulus bersyarat diakibatkan melonjaknya calon mahasiswa yang memilih Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah kelas weekend dan melampaui kuota yang disediakan.

Para peserta lulus bersyarat dapat diterima jika bersedia pindah ke lokal pagi atau lokal siang Apabila calon mahasiswa ini tetap memaksakan untuk lokal ekonomi di sarankan agar pindah ke Prodi lain seperti prodi  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidkan Agama Islam (PAI) dan Ahwal As Syaksiyah (AS). “Yang dinyatakan lulus itu dari rangking 1 sampai 40, kemudian rangking 41-73 itu lulus bersyarat artinya mereka lulus asal mereka melapor untuk dipindah atau mau pindah ke kelas siang atau pagi atau masuk weekend ke prodi-prodi lain bagi yang ekonomi syari’ah”, ungkap Muhammad Tauhid selaku Wakil Ketua Panitia PMB.

Setelah diumumkannya hasil tes diatas, peserta yang dinyatakan lulus diharuskan mendaftar ulang mulai tanggal 16-20 juli 2019. Bersamaan dengan itu Panitia PMB kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Gelombang II untuk prodi PGMI, MPI, PAI, dan AS. “Kemudian untuk gelombang kedua kita menerima mahasiswa baru 4 prodi saja, yaitu MPI, AS, PGMI, dan PAI. Itu semua kita terima di semua kelas kecuali Ekonomi Syari’ah karena kuota sudah terpenuhi”, tambahnya.

Menanggapi hasil tes diatas, Syahminan, salah satu peserta yang dinyatakan lulus di STAIS mengaku senang. Ia berharap bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman selama menjadi mahasiswa nantinya. “semoga saya bisa diterima dengan baik disini. Bisa menambah wawasan ilmu untuk menunjang masa depan bangsa dan negara dan menambah juga ilmu agama untuk keluarga dan masyarakat lain”, ucap calon mahasiswa prodi Ekonomi Syariah itu.

Perasaan  yang sama karena telah diterima di STAIS, juga datang dari  Nur Laila Adha. Dengan berkuliah di STAIS ia berharap dapt memperdalam ilmu agama Islam dan bermanfaat nantinya.“Alhamdulillah saya diterima. Harapan saya kuliah di STAIS untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keagamaan yang lebih bermanfaat lagi”, ujar lulusan SMA Negri 1 Sangatta Utara tersebut.

Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa yang diterima di STAIS diharapkan mampu menyuplai peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kutai Timur. Mereka akan dituntut untuk menuai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, demi agama bangsa dan negara.(Obi/Lpm)

Posting Komentar

0 Komentar