UKM PSHT Tetap Latihan Meski Kondisi Berpuasa




STAIS
,-Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Sekolah Tingi Agama Islam Sangatta (STAIS) tetap konsisten melaksankan latihan rutin meski dalam keadaan berpuasa di bulan Ramadhan. Sebagai UKM yang fokus dibidang seni bela diri, latihan menjadi rutinitas wajib bagi anggota UKM. Sebagai ruang untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang karate, latihan seminggu 2 kali adalah hal yang wajar untuk menjaga kontiniusitas keterampilan yang sudah diajarkan.

Dalam keterangannya, Wahyu Hasbullah, selaku Ketua UKM PSHT menyatakan bahwa meski memasuki bulan Ramadhan rutinitas latihan UMK PSHT tetep digelar diwaktu dan jam yang sama, meskipun porsinya dikurangi.’’Kami tetap latihan di bulan puasa. Kalau untuk metode latihan jelas berbeda soalnya posisi puasa jadi porsi latihan untuk bulan puasa agak di kurangi,tapi kalau hari biasa bisa di bilang latihan keras-kerasnya’’, terang Wahyu saat ditemui disela-sela latihan.(18/5/19)

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selama bulan Ramadhan latihan difokuskan kepada penguasaan tekhnik, hal ini ditujukan agar meminimalisir terkurasnya tenaga. “Latihan di bulan puasa lebih ke teknik pendalaman dalam seni bela diri, berbeda dengan latihan yang hari biasa, latihan lebih maksimal dari pemanasan sampai sparing yang membutuhkan tenaga lebih bayak”, terang mahasiswa semester 6 tersebut.

Selama bulan ramadhan proses latihan berlansung dengan suasana berbeda, mengingat ada momentum buka puasa bersama. Selain itu, meski dalam waktu latihan, UKM ini masih menyempatkan diri untuk tetap sholat tarawih berjamaah, kemudian melanjutkan latihan. “Kami buka bersama dengan membawa bekal masing masing, menunaikan ibadah sholat magrib sampai sholat sunah tarawih berjamaah dimasjid STAIS. Setelah selesai kami langsung melanjutakan latihan sampai pukul 22.00 WITA’’, tambah Wahyu kepada media ini.

Meski dalam kondisi berpuasa, antusias angota UKM PSHT untuk latihan terlihat sangat tinggi, bahkan menurut pengakuan wahyu yang menawarkan tetap latihan di bulan Ramadhan adalah angotta diawal sebelum bulan Ramadhan.’’ Sebelum puasa sudah di sepakati bahwa bulan puasa kita tetap latihan dengan usulan para peserta dan sudah di sepakati bersama. Latihan digelar Rabu dan Sabtu setiap jam 5 sore’’, ujar Ketua UKM yang sekaligus merangkap Pelatih tersebut.

UKM yang terpantau eksis sejak tahun 2016 tersebut berharap pihak Civitas Akademik memberikan dukungan yang nyata pada organisasi kemahasiswaan seperti UKM PSHT, baik dengan meteril mau pun non-materil. Seiring berjalanya waktu UKM PSHT konsisten menjalankan kaderisasi dengan membuka perekrutan setiap tahunnya. Beberapa angotta sudah dinyatakan naik sabuk dengan semangat dan rutin latihan sebagai proses yang mereka jalani. (Nh/Lpm)

Posting Komentar

0 Komentar