HMJ Tarbiyah STAIS Gagas Kursus Filsafat




Gazebo News - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah STAI Sangatta mengadakan Kursus Filsafat pada hari Sabtu (14-10-17). Acara yang bertempat di Masjid STAI Sangatta tersebut mengusung tema “Menfikirkan Dzikir & Mendzikirkan Fikir, Berkontribusi Dengan Amal Sholeh”. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 25 peserta. 
Irwansyah, ketua HMJ Tarbiyah menuturkan, acara itu bertujuan untuk mengembalikan peran filsafat sebagai Induk Pengetahuan dan tulang rusuk agama. HMJ Tarbiyah sebagai organisasi internal kampus berusaha untuk mengembalikan marwah filsafat yang selama ini sudah kurang diminati mahasiswa STAIS. “Saya berharap dengan adanya diskusi ini, mahasiswa STAIS menjadi lebih aktif, kritis, dan bijaksan”, ucap Irwansyah. 

Diskusi tersebut menghadirkan tiga fasilitator, fasilitator pertama Mustato’ M.Pd.I selaku dosen STAI Sangatta. Fasilitator kedua, saudari Putri Maulinda mahasiswi PAI semester lima dan yang fasilitator ketiga saudara Supriadi salah satu siswa PAI semester tiga.
“Filsafat mengajak kita untuk berpikir logis, bijak dan bertindak bijak,” terang Mustato’, pemateri pertama. Beliau menjelaskan dalam materinya, bahwa filsafat harus dilihat secara utuh atau komprehensif. Beliau juga menegaskan, filsafat harus dibiarkan melangit. Filsafat tidak boleh dijadikan anak ilmu, tapi harus dijadikan induk dari semua ilmu. 
Karnia, salah satu peserta, mengaku bahwa dia merasa senang  bisa ikut serta  pada diskusi perdana tersebut. Selain itu, menurutnya acara seperti ini dapat mempererat tali silaturrahim antara HMJ dengan mahasiswanya.
Hal senada juga diungkapkan  Halimah, Mahasiswa semester satu ini sangat menikmati acara itu. Menurutnya, acara itu menyenangkan, seru, dan membuatnya lebih mengerti tentang filsafat. (slm)





Posting Komentar

0 Komentar