Pertemuan 2, Kursus Filsataf HMJ Tarbiyah Bahas Metafisika



Mahasiswa Mengikuti Kursus Filsafat HMJ Tarbiyah di Teras Kampus
Gazebo News- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah STAI Sangatta kembali mengadakan diskusi  lanjutan pada hari Selasa (17/10/17). Diskusi tersebut dilaksanakan di depan Gedung Rektorat STAI Sangatta dengan tema “Metafisika Sebagai Kajian Ontologis”. Kegiatan tersebut diikuti 10 peserta. 
Irwansyah, ketua HMJ Tarbiyah menuturkan, diskusi ini akan terus kontinu dan berlanjut sampai selesai tiga seri kajian. Seri I: kelas ontologi, seri II: kelas epistemologi, dan seri III: kelas aksiologi. Irwansyah juga berharap peserta yang sudah mengikuti kelas filsafat harus komitmen dalam mengikuti setiap pertemuannya, agar ilmu yang didapatkan juga bisa secara utuh. “Peserta harus terus komitmen untuk menutaskan setiap pertemuan, supaya hasilnya maksimal. ”ucap Irwansyah. 

Di pertemuan kedua ini  menghadirkan tiga panelis, panelis pertama saudara Wisyandi mahasiswa MPI semester tiga. Panelis kedua, saudari Karnia yang juga mahasiswi MPI semester tiga. Panelis  ketiga Mustato’ M.Pd.I yang juga dosen STAI Sangatta.
“Metafisika merupakan bagian dari aspek ontologi dalam kajian filsafat,” terang Mustato’,. Beliau menjelaskan dalam materinya, bahwa metafisika itu bersifat abstrak dan diluar jangkauan manusia yang harus dilihat secara utuh atau komprehensif. Beliau juga menegaskan, untuk memahami dan mendeskripsikan kedudukan metafisika secara jelas harus melalui 3 tahapan, yaitu fisika, matematika, dan teologi.
Ulfa, salah satu peserta merasa merasa senang  bisa bergabung lagi pada diskusi kedua ini. Selain itu, menurutnya diskusi kedua ini lebih menarik dan juga pembahasannya lebih mendalam. (slm)

Posting Komentar

0 Komentar