GOLPUT BUKAN SOLUSI, PEMILIHAN KETUA BEM, HMJ TARBIYAH DAN SYARI’AH



GazeboNews - Hari ini akan dilaksanakan pencoblosan atau pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah dan HMJ Syari’ah. Pemilihan ini nantinya akan dipilih langsung oleh mahasiswa jurusan Tarbiyah dan Syari’ah. Sabtu (1/4).

Pencoblosan akan dilaksanakan di area Masjid STAI Sangatta mulai pukul 09.00 hingga 17.00 Wita. Setelah itu, dilanjutkan dengan perhitungan suara yang nantinya dihadiri oleh seluruh panitia PRM, Pasangan nomor urut 1 dan 2 dari masing-masing calon kandidat.

Triyani Prihatina selaku ketua panitia PRM mengatakan pencoblosan tahun ini ada sedikit perbedaan terkait perihal bagi pasangan calon yang aklamsi. “Di dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 yang baru telah terjadi kesepakatan perubahan yang difokuskan pada penambahan substansi yang memuat ketentuan-ketentuan sebagai acuan bagi partai politik, pemilih, aktor pasangan calon, dan penyelenggara pemilihan serta kelompok kepentingan lainnya untuk bertindak ketika diperhadapkan pada persoalan hanya terdapat satu pasangan calon”, tutur Triyani Prihatina.

Triyani juga menambahkan selain memberi legitimasi proses, urgensi lainnya untuk memberikan jaminan akseptabilitas dan akuntabilitas politik atas hasil penyelenggaraan pemilihan. Terdapat dua bentuk tawaran alternatif pilihan yang pertama, pasangan calon tunggal langsung ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih. Kedua, pasangan calon tunggal melawan 'kotak kosong'. ”Nah, berangkat dari regulasi tersebut maka kami dari pihak Pemilu Raya Mahasiswa (PRM) membuat beberapa kebijakan untuk pemilu tahun ini yaitu bagi masing-masing calon yang tidak ada rivalnya, maka akan melawan kotak kosong untuk mengetahui sebarapa jauh antusiasme mahasiswa dalam memilih calon kandidat yang aklamasasi tersebut”, tegas mahasiswa Tarbiyah semester enam ini.

Triyani juga mengharapkan hari ini tingginya partisipasi mahasiswa untuk hadir dalam menentukan pilihan dari masing-masing calon ketua BEM dengan rivalnya ‘kotak kosong’, HMJ Tarbiyah, dan HMJ Syariah. (hn)

Posting Komentar

0 Komentar